Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah: Edumedia
Vol 3 No 1 (2025): Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah | EduMedia

Meningkatkan Hasil Belajar PPKn pada Siswa Kelas V Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Gultom, Melpina (Unknown)
Bestari, Fauziah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN- 4 Menteng Kota Palangkaraya pada pembelajaran tematik bermuatan PPKn pada Materi Keragaman Budaya Sosial di Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas V SDN-4 Menteng Kota Palangkaraya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran tematik bermuatan PPKn pada materi Keragaman Budaya Sosial di Indonesia peningkatan hasil belajar secara klasikal dari pengamatan data awal ke siklus I dengan skor rata-rata 75,33 atau dengan persentase 53,33%. Hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan dengan skor rata-rata 86 dengan persentase 93,33%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran PPKn pada materi Keberagaman Budaya Sosial di Indonesia di SDN-4 Menteng Kota Palangkaraya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal EduMedia adalah jurnal ilmiah nasional yang diharapkan menjadi pintu gerbang publikasi penelitian di bidang pendidikan dan pengajaran yang membahas hasil penelitian pada satuan pendidikan di sekolah dasar dan sekolah menengah (termasuk vokasi). EduMedia akan memfasilitasi para guru pada ...