Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains
Vol. 1 No. 1 (2022): Juli Tahun 2022

Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep sistem peredaran darah manusia

Wajdi, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA pada mata pelajaran Biologi di SMA Negeri 14 Gowa. Jenis penelitian ini adalah Quasy Eksperimental Research dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 14 Gowa dan sampel yang terdiri dari kelas eksperimen (XI MIPA 3) yang diberi perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas kontrol (XI MIPA 1) yang tidak diberi perlakuan. Pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Samplin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yaitu berada pada kategori tinggi dan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran interaktif yaitu rendah, hal ini berdasarkan nilai rata-rata pretest dan postest dari kelas eksperimen yaitu 33,91 dan kelas kontrol yaitu 21,47. Hasil uji hipotesis menggunakan statistik uji Independent Sample t-test menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi sistem peredaran darah manusia Kelas XI MIPA SMA Negeri 14 Gowa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

hybrid

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Other

Description

Hybrid: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains is a journal published by the Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). The article that can be accepted for publication on Hybrid: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains is in the form of research results/ literature study ...