cover
Contact Name
Muhammad Muzaini
Contact Email
muhammadmuzaini@unismuh.ac.id
Phone
+628114408260
Journal Mail Official
muhammadmuzaini@unismuh.ac.id
Editorial Address
JL. SULTAN ALAUDDIN NO. 259, Kec. Rappocini, Gunung Sari, Kota Makassar, 90221
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains
ISSN : -     EISSN : 29620171     DOI : https://doi.org/10.51574/hybrid
Core Subject : Science, Education,
Hybrid: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains is a journal published by the Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). The article that can be accepted for publication on Hybrid: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains is in the form of research results/ literature study that related to the development of science in the scope: 1. Chemistry and or chemistry learning 2. Physics and or physics learning 3. Biology and or biology learning 4. Environmental and environmental learning 5. Integrated science and or integrated science learning. Hybrid: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains is scientific journal and published since 2022. Strarting in 2022 published every March, July, dan November. The article published in Hybrid can be written either in Indonesian or in English.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 22 Documents
Pengaruh e-LKPDberbasis discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep animalia kelas x di sma negeri 2 gowa Hambali, Hilmi
Hybrid: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Vol. 1 No. 1 (2022): Juli Tahun 2022
Publisher : Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51574/hybrid.v1i1.535

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi peserta didik pada materi animalia kelas X IPA di SMA Negeri 2 Gowa dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh E-LKPDBerbasis Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Animalia Kelas X di SMA Negeri 2 Gowa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest-Control-Group-Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 2 Gowa dan sampel yang terdiri dari kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan e-LKPDBerbasis Discovery Learning dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan LKPD yang tidak berbasis Discovery Learning, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Simple Random Sampling. Data yang dikumpulkan yaitu data mengenai hasil belajar biologi peserta didik yang kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan dan analisis statistik inferensial. Hasil belajar biologi materi animalia pada kelas ekperimen yang diajar menggunakan e-LKPDBerbasis Discovery Learning lebih tinggi rata-ratanya yaitu 83,60 daripada kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan LKPD yang tidak Berbasis Discovery Learning yaitu 77,85. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan statistik uji Independent t-test menunjukkan nilai signifikan 0,001 yang kurang dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima dan menunjukkan ada pengaruh e-LKPDBerbasis Discovery Learning terhadap hasil belajar biologi peserta didik materi animalia kelas X IPA di SMA Negeri 2 Gowa.
Pengaruh media crossword puzzle terhadap minat dan hasil belajar kognitif siswa materi klasifikasi makhluk hidup kelas X SMA Negeri 9 Makassar Irmawanty, Irmawanty
Hybrid: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Vol. 1 No. 1 (2022): Juli Tahun 2022
Publisher : Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51574/hybrid.v1i1.539

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media crossword puzzle terhadap minat dan hasil belajar mata pelajaran biologi siswa kelas X SMA Negeri 9 Makassar Kecamatan Tamalate Kabupaten/Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (quasi experiment). Prosedur penelitian meliputi persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 4 dan X MIA 3 SMA Negeri 9 Makassar sebanyak 69 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase minat siswa yang diajar dengan media crossword puzzle memiliki kategori sangat tinggi 50%, kategori tinggi 47.1%, dan kategori cukup 2.9%. Hasil belajar kognitif siswa yang diajar dengan media crossword puzzle kategori sangat baik 14,7%, kategori baik 20,6% kategori cukup 38,2% dan kategori kurang 26,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media crossword puzzle terhadap minat dan hasil belajar kognitif siswa materi klasifikasi makhluk hidup Kelas X SMA Negeri 9 Makassar
Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep sistem peredaran darah manusia Wajdi, Muhammad
Hybrid: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Vol. 1 No. 1 (2022): Juli Tahun 2022
Publisher : Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51574/hybrid.v1i1.540

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA pada mata pelajaran Biologi di SMA Negeri 14 Gowa. Jenis penelitian ini adalah Quasy Eksperimental Research dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 14 Gowa dan sampel yang terdiri dari kelas eksperimen (XI MIPA 3) yang diberi perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas kontrol (XI MIPA 1) yang tidak diberi perlakuan. Pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Samplin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yaitu berada pada kategori tinggi dan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran interaktif yaitu rendah, hal ini berdasarkan nilai rata-rata pretest dan postest dari kelas eksperimen yaitu 33,91 dan kelas kontrol yaitu 21,47. Hasil uji hipotesis menggunakan statistik uji Independent Sample t-test menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi sistem peredaran darah manusia Kelas XI MIPA SMA Negeri 14 Gowa
Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada konsep ekosistem Indrawan, Fahri; Anisa, Anisa; Hambali, Hilmi
Hybrid: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Vol. 1 No. 1 (2022): Juli Tahun 2022
Publisher : Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51574/hybrid.v1i1.541

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar pada konsep ekosistem dengan desain penelitian “Pretest Posttest Control Group Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Bantaeng yang terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara simple random sampling. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Problem Based Learning sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes hasil belajar yang terdiri dari pretest dan posttest. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial, hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 86,10. Sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata posttest adalah 82,15. Hasil uji Independent Sample T Test, diperoleh nilai signifikansi p = 0,000 < α = 0,05. Hal ini berarti bahwa H0 ditolak dan HI diterima, dengan demikian model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada konsep ekosistem.
Perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan word square terhadap hasil belajar siswa pada materi fungi Vesriani, Vesriani; Hambali, Hilmi; Thahir, Rahmatia
Hybrid: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Vol. 1 No. 1 (2022): Juli Tahun 2022
Publisher : Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51574/hybrid.v1i1.542

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hasil belajar biologi peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada kelas X MIPA SMA Negeri 1 Wajo. Mengetahui hasil belajar biologi peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Word square pada kelas X MIPA SMA Negeri 1 Wajo. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimental dengan desain penelitian Non Equivalent Pretest posttest Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 yang berjumlah 27 siswa dan kelas X MIPA 2 yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Sampling Random. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik berupa tes pilihan ganda sebanyak 25 nomor. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif, diperoleh rata-rata dari kedua kelompok tersebut, yaitu kelas eksperimen 1 yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match sebesar 81,11. pada kelas eksperimen 2 yang diajar dengan menggunakan model Word Square sebesar 79,77. Sedangkan berdasarkan hasil analisis inferensial menggunakan uji-t diperoleh nilai sign sebesar 1,33 yang lebih besar dari pada sebesar 0,05 (sign<) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak jadi terdapat perbedaan hasil belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran Make a Match dan Word Square terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Wajo pada materi fungi.
Penerapan model pembelajaran project based learning dalam pembelajaran biologi Magfirah, Nurul
Hybrid: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Vol. 1 No. 1 (2022): Juli Tahun 2022
Publisher : Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51574/hybrid.v1i1.549

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Projek Based Learning terhadap hasil belajar biologi mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Makassar. Jenis Penelitian adalah Pre-ekperimen dengan One Grou Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi Pendidikan biologi semester II Universitas Muhammadiyan Makassar yang terdiri dari 23 mahasiswa dengan total sampling sama dengan jumlah populasi . Hasil penelitan dengan menggunakan uji Paired Sample Test diperoleh nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari nilai signifikansi (α) 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Projek Based Learning terhadap mahasiswa belajar biologi mahasiswa
Uji efektivitas sari batang serai dapur (Cymbopogon citratus) sebagai insektisida alami terhadap mortalitas nyamuk Aedes aegypti Putri, Winda Dwi; Khaerah, Azrini; Akbar, Fauzan
Hybrid: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Vol. 1 No. 1 (2022): Juli Tahun 2022
Publisher : Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51574/hybrid.v1i1.550

Abstract

Penggunaan insektisida merupakan salah satu jalan untuk mengendalikan penebaran nyamuk. Umumnya masyarakat menggunakan insektisida kimia untuk mematikan nyamuk. Belakangan ini diketahui bahwa banyak senyawa kimia yang terdapat pada bahan alam yang dapat digunakan sebagai isektisida alami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas sari batang serai dapur sebagai insektisida alami terhadap mortalitas nyamuk Aedes aegypti dan untuk mengetahui pada konsentrasi tertentu sari batang serai dapur efektif sebagai insektisida alami terhadap mortalitas nyamuk Aedes aegypti. Desain penelitian yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL). Perlakuan yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak delapan variasi, yaitu K1 (10%), K2 (20), K3(30%), K4(40%), K5(50%), K6(60%), K7(70%), K8(80%), 2 kontrol, K+ (Baygon), K- (Aquadest) serta ulangan sebanyak 2 kali dengan nyamuk uji adalah nyamuk Aedes aegypti yang dikembangbiakkan di Laboratorium Biologi Universitas Muhammadiyah Bulukumba. Pengamatan dilakukan selama 3 jam yaitu 1 jam pertama, 1 jam kedua, dan 1 jam ketiga. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Analisis Anova dan Analisis Probit untuk mengetahui Lethal Concentration (LC50) dan Lethal Time (LT50). Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwa seluruh variasi konsentrasi yang digunakan dapat berefek pada mortalitas nyamuk dengan konsentrasi yang paling efektif adalah konsentrasi 80% yang dapat mematikan sebesar 100% dari sampel nyamuk uji. Analisis probit data persentase mortalitas nyamuk menunjukkan sari batang serai dapur sebagai insektisida alami efektif dalam mematikan 50% dari populasi nyamuk uji dengan nilai LC50 pada konsentrasi 40,886% serta waktu yang dibutuhkan untuk mematikan nyamuk 50% populasi nyamuk uji adalah 1,004 jam. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa penggunaan sari batang serai dapur (Cymbopogon citratus) efektif digunakan sebagai insektisida alami terhadap mortalitas nyamuk Aedes aegypti efektif pada konsentrasi 80% (K8) setara dengan perlakuan kontrol + penggunaan bahan kimia (Baygon) yang dapat mematikan 100% nyamuk uji.
Kontribusi Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Keterlibatan Siswa (Student Engagement) di SMAN 1 Kabupaten Pangkep Mayanti, Nurhikmah; Riffani, Rohmah; Akmal, Nur
Hybrid: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Vol. 1 No. 2 (2022): November Tahun 2022
Publisher : Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51574/hybrid.v1i2.683

Abstract

Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa keterlibatan sumber daya manusia dalam satuan pendidikan dinilai kurang sehingga menurunkan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi dukungan sosial teman sebaya terhadap keterlibatan siswa di SMAN 1 Kabupaten Pangkep. Responden dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMAN 1 Kabupaten Pangkep sebanyak 388 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan uji hipotesis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai koefisien korelasi r=0,445 dan nilai signifikansi sebesar p=0,000(p<0,05) yang berarti bahwa terdapat kontribusi secara signifikan dukungan sosial teman sebaya terhadap keterlibatan siswa. Sedangkan, nilai R square sebesar 0,198 yang berarti bahwa terdapat 19,8% kontribusi dukungan sosial teman sebaya terhadap keterlibatan siswa di SMAN 1 Kabupaten Pangkep. Implikasi penelitian ini diharapkan kepada seluruh satuan pendidikan untuk meningkatkan perhatian pada aspek sosial antar warga sekolah demi meningatkan performa akademik maupun non akademik.
Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Berbantuan Media Mind Mapping Mahasiswa Pendidikan Biologi Thahir, Rahmatia; Anisa, Anisa; Magfirah, Nurul
Hybrid: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Vol. 1 No. 2 (2022): November Tahun 2022
Publisher : Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51574/hybrid.v1i2.684

Abstract

The goal to be achieved in this study is to determine the effectiveness of learning the concept of Animal Diversity through the application of the think talk write (TTW) cooperative learning model assisted by mind mapping media for biology education students. This type of research is research that is Pre-Experimental Design. The research design used in this study is the One Group Pretest-Posttest Design. The instruments used in this study were observation sheets of learning activities; Observation sheets containing indicators of learning activities are used to assess student learning activities at each meeting, and test questions of learning outcomes; The learning outcomes test is in the form of 30 multiple choice questions with 5 answer choices. Based on the results of data analysis and discussion, it can be concluded that the application of the TTW type cooperative learning model assisted by mind mapping media is effectively applied in biology learning the concept of Animal Diversity in class A students of the 2017 Biology Education FKIP Unismuh Makassar.
Peranan Model Pembelajaran SSCS Terhadap Kemampuan Literasi Sain Magfirah, Nurul
Hybrid: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Vol. 1 No. 2 (2022): November Tahun 2022
Publisher : Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51574/hybrid.v1i2.736

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap kemampuan literasi sains pada Materi Virus Kelas X SMA Negeri 2 Gowa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Gowa yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 64 siswa. dimana sampel dalam penelitian diperoleh melalui Teknik simple random Sampling yang berjumlah 40 siswa dengan masing-masing kelas eksperimen (X IPA 3) dan control (X IPA 4) terdiri dari 20 orang siswa. Penelitian ini menggunakan Teknik pengembilan data nonequivalent control group desing. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 84,45 lebih tinggi dari nilai rata-rata pada kelas control yaitu 79,90. Kemudian berdasarkan uji statistic inferensial pada uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent Sampel T-test diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 hal ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap kemampuan literasi sains pada Materi Virus pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Gowa.

Page 1 of 3 | Total Record : 22