Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar pada konsep ekosistem dengan desain penelitian “Pretest Posttest Control Group Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Bantaeng yang terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara simple random sampling. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Problem Based Learning sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes hasil belajar yang terdiri dari pretest dan posttest. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial, hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 86,10. Sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata posttest adalah 82,15. Hasil uji Independent Sample T Test, diperoleh nilai signifikansi p = 0,000 < α = 0,05. Hal ini berarti bahwa H0 ditolak dan HI diterima, dengan demikian model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada konsep ekosistem.
Copyrights © 2022