Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap kemampuan literasi sains pada Materi Virus Kelas X SMA Negeri 2 Gowa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Gowa yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 64 siswa. dimana sampel dalam penelitian diperoleh melalui Teknik simple random Sampling yang berjumlah 40 siswa dengan masing-masing kelas eksperimen (X IPA 3) dan control (X IPA 4) terdiri dari 20 orang siswa. Penelitian ini menggunakan Teknik pengembilan data nonequivalent control group desing. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 84,45 lebih tinggi dari nilai rata-rata pada kelas control yaitu 79,90. Kemudian berdasarkan uji statistic inferensial pada uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent Sampel T-test diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 hal ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap kemampuan literasi sains pada Materi Virus pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Gowa.
Copyrights © 2022