Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre Ekperimental. Dalam penelitian ini menggunakan desain one-group pretest-posttest design yang akan melibatkan satu kelompok sebagai kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen yang akan diterapkan model Word Square. Tidak ada kelas kontrol yang dilibatkan dalam eksperimen ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model word square terhadap hasil belajar pada siswa kelas V Sekolah Dasar Inpres Borong Karamasa, Kabupaten Gowa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres Borong Karamasa berjumlah 23 siswa. Teknik Pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Dari hasil uji hipotesis tersebut diketahui bahwa Sig (2.Tailed) yaitu 0,07 artinya H0 ditolak diterima karena Sig (2.Tailed) < α atau (0,01 < 0,00). H1 diterima karena Sig (Tailed) > α atau (1,411 > 0,01) dengan hasil analisis uji T, Sig < tabel atau (073 < 0,00), maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran word square terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Borong Karamasa.
Copyrights © 2024