Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains
Vol. 3 No. 1 (2024): Juli Tahun 2024

Efektivitas Project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada konsep sistem ekskresi manusia

Hardiyanti, Hardiyanti (Unknown)
Hambali, Hilmi (Unknown)
Nurdiyanti, Nurdiyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan quasi eksperimen bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap konsep sistem ekskresi manusia kelas XI SMAN 14 Gowa. Partisipan pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 14 Gowa berjumlah 72 siswa, yang terdiri atas kelompok kontrol dan eksperimen. Insturmen yang digunakan berupa lembar tes untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Project Based Learning rata-rata sebesar 78,98, sementara pada kelas kontrol yang tidak menerapkan model pembelajaran Project Based Learning rata-rata 70. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji independen t-test, terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI pada materi sistem ekskresi manusia di SMA Negeri 14 Gowa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

hybrid

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Other

Description

Hybrid: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains is a journal published by the Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). The article that can be accepted for publication on Hybrid: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains is in the form of research results/ literature study ...