Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar
Vol. 2 No. 2 (2020): Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar

Penerapan Model Pembelajaran STM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas IV SD Negeri Pesanggrahan 02

Cholis Makhvudah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Karma Iswasta Eka (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Dhi Bramasta (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu siswa melalui model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada tema 8 Daerah Tempat Tinggalku di kelas IV SD Negeri Pesanggrahan 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan MC Taggart yang dilaksanakan dalam satu siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2019/2020 pada bulan Maret. Subjek yang digunakan siswa kelas IV SD Negeri Pesanggrahan 02 yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Alat pengumpulan data menggunakan lembar evaluasi keterampilan berpikir kreatif, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi rasa ingin tahu dan lembar angket sikap rasa ingin tahu siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya keterampilan berpikir kreatif pada siswa dari lembar tes keterampilan berpikir kreatif pada siklus I yaitu 69,32% dengan kriteria baik. Hasil lembar evaluasi sikap rasa ingin tahu siswa dari nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 59,66% dengan kriteria cukup baik. Kesimpulan bahwa melalui model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM ) menunjukan adanya peningkatan keterampilan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu siswa pada tema 8 Daerah Tempat Tinggalku di kelas IV SD Negeri Pesanggrahan 02.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikandasar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang Ruang Lingkup Pendidikan Dasar meliputi 5 bidang ...