JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)
Vol. 11 No. 2 (2023): JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Fenomena Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Negeri 1 Parigi Tengah

afika (Unknown)
Heruddin, Heruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis fenomena terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA Negeri 1 Parigi Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 59 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 30 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 29 orang. Instrumen keterampilan berpikir kritis berupa tes pilihan ganda yang divalidasi melalui validitas ahli. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan instrumen penelitian berupa Tes Pilihan Ganda, dan Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji Independent sampel t-test yang dianalisis menggunakan SPSS Statistics versi 25. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan nilai signifikan 0,02 < 0,005 maka menerima hipotesis dan menolak , artinya bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis fenomena terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpft

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering

Description

The Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online is a peer-reviewed journal published three times a year (April, August, and December) by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tadulako. The journal serves as a communication platform for researchers, ...