Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar
Vol. 6 No. 3 (2024): Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar

Analisis Kesulitan Guru dalam Internalisasi Karakter Mandiri Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Inklusi

Wasdiyanti, Sindy (Unknown)
Supriyadi, Supriyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan guru dan upaya-upaya yang dilakukan guru dalam internalisasi karakter mandiri profil pelajar pancasila di sekolah dasar inklusi. Peneliti menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan studi kasus tunggal. Subjek penelitian ini menggunakan 3 orang yaitu guru pendamping khusus siswa inklusi, guru kelas dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode miles dan huberman tahap-tahapannya yaitu reduksi data, penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Untuk uji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menjelaskan bahwa analisis kesulitan guru dalam internalisasi karakter mandiri profil pelajar pancasila di sekolah dasar inklusi yaitu terdapat banyak kesulitan atau kendala yaitu kepribadian diri atau sifat dari setiap individu yang sulit untuk dibentuk, tingkat emosi siswa yang tidak dapat terkontrol, adaptasi diri dari lingkungan, dan faktor orang tua.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikandasar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang Ruang Lingkup Pendidikan Dasar meliputi 5 bidang ...