Hipotenusa: Journal of Research Mathematics Education (HJRME)
Vol 8, No 1 (2025): Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOPI UNTA MENGGUNAKAN MODEL ASSURE PADA KELAS IV UPT SD N 3 SUMBERAGUNG

Prabandari, Fadillah (Unknown)
Adetia, Rara (Unknown)
Alam, Muhammad Shohibul (Unknown)
Wicaksono, Naufal (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2025

Abstract

 Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research & Development. Pengembangan media komik pada materi bangun datar kelas IV SD di latar belakangi oleh rendahnya minat dan motivasi peserta didik pada saat proses pembelajaran yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang berpusat pada guru dan penggunaan media pembelajaran yang masih kurang bervariasi. Dengan demikian,  perlu adanya media pembelajaran guna menciptakan pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan saat pelaksanaan proses  belajar mengajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media komik dan tingkat kelayakannya. Pengembangan media ini menggunakan model penelitian ASSURE sampai pada tahap evaluate and revise (evaluasi dan revisi). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 3 Sumberagung. Penelitian ini menggunakan angket sebagai alat untuk menguji kelayakan media komik melalui validasi ahli materi, ahli media dan tanggapan guru. Hasil pengembangan produk media komik pada materi bangun datar diperoleh dari hasil validasi ahli dan tanggapan guru yang menghasilkan produk media pembelajaran yang layak digunakan untuk siswa kelas IV SD. Dengan demikian media komik pada materi bangun datar kelas IV SD dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Media Komik, Model Assure, Bangun Datar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

HT

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME) is a peer-refereed open-access international journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal is founded under Department of Mathematics Education ...