Seiring berkembangnya zaman, teknologi informasi dan komunikasi mengalami perkembangan pesat. Internet, komputer, perangkat seluler, dan aplikasi perangkat lunak telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan. Dunia pendidikan pun tidak luput dari dampaknya perkembangan teknologi tersebut. Kapasitas guru dalam memanfaatkan teknologi khususnya pembelajaran literasi dan numerasi menjadi kendala yang dialami oleh Pondok Pesantren Ilzamun Maju Bahrin saat ini. Guru dituntut harus memiliki pemahaman dan kemampuan dalam mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran. memberikan pelatihan dan meningkatkan kapasitas guru dalam penggunaan media interaktif pada pembelajaran literasi dan numerasi, mendorong guru sebagai fasilitator mengembangkan kemampuan penguasaan teknologi sehingga metode pembelajaran lebih menyenangkan dan interaktif. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah ceramah, diskusi, dan praktik. Pemaparan materi berbasis literasi dan numarasi dipaparkan terlebih dahulu agar para guru mendapat pemahaman terkait materi tersebut. Setelah itu materi media interaktif langsung dipraktikkan pada komputer masing-masing guru. Berdasarkan hasil kegiatan melalui simulasi dan praktik, terlihat perbedaan antara sebelum materi disampaikan dan setelah materi disampaikan. Hal ini terlihat dari hasil pre-test (40%) dengan responden menjawab belum pernah menggunakan teknologi dalam pembelajaran literasi dan numerasi. Hasil evaluasi via Google Form menunjukan peningkatan pemahaman guru khusunya pada penggunaan media Wordwall dan Kahoot pada penyusunan bank soal berbasis literasi dan numerasi. Selain itu, terjadi peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan media Wordwall dan Kahoot, dimana para guru mampu menyajikan soal-soal ke dalam media Wordwall dan Kahoot yang dapat diaplikasikan pada proses pembelajaran. Di lihat dari hasil survey dan nilai google form menunjukkan bahwa para guru tidak pernah menggunakan media interaktif, sehingga dengan adanya kegiatan ini mampu meningkatkan kapasitas guru dalam penggunaan media interaktif.
Copyrights © 2025