Sistem distribusi air bersih yang ada di Kecamatan Muara Enim pada saat ini belum menjangkau seluruh warga di kecamatan ini. Pelayanan PDAM Lematang Enim baru melayani sekitar 50% dari jumlah penduduk Kecamatan Muara Enim. Hal ini disebabkan oleh masih lambatnya pengembangan sistem distribusi air bersih di kecamatan ini dan rendahnya jam operasi layanan yang mengakibatkan minimnya waktu distribusi air bersih ke pelanggan yang rata-rata hanya mencapai ± 10 jam/hari. Pada Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat yang akan dilaksanakan ini berfokus pada lokasi Kelurahan Muara Enim yang sebagian besar warganya belum mendapatkan layanan PDAM yang mencukupi dan terpaksa mengandalkan air sumur atau air sungai. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat sasaran untuk memenuhi kebutuhan air minum layak konsumsi yang dapat juga dijadikan peluang untuk wirausaha air minum isi ulang. Program ini diawali dengan penyuluhan tentang air minum layak konsumsi sesuai standar kesehatan, dilanjutkan dengan perakitan alat pengolah air menggunakan teknologi membran ultrafiltrasi. Setelah itu, mitra sasaran dilatih mengoperasikan alat agar dapat memanfaatkannya secara optimal. Kegiatan berikutnya adalah sosialisasi kepada masyarakat agar mereka memahami fungsi alat tersebut dan merasakan manfaatnya bagi kesehatan. Program ditutup dengan pembagian kuesioner kepada peserta sosialisasi untuk memperoleh umpan balik mengenai efektivitas kegiatan. Dari data isian kuesioner yang disebarkan, 80% masyarakat Kelurahan Muara Enim menilai bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat, hal ini membuktikan bahwa masyarakat sasaran menilai kegiatan ini sangat bermanfaat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025