JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Kejenuhan Belajar Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 6 Ketol Kabupaten Aceh Tengah Tahun Ajaran 2024/2025

Syakila, Qaulan (Unknown)
Ambarita, Dody Feliks Pandimun (Unknown)
Gandamana, Apiek (Unknown)
Winara, Winara (Unknown)
Hatmi, Edizal (Unknown)
Ambarita, Charles Fransiscus (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh implemenntasi model pembelajaran talking stick dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa kelas IV SDN 6 Ketol Tahun Ajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini adalah 40 siswa kelas IV SD Negeri 6 Ketol Kabupaten Aceh Tengah pada T.A 2024/2025. Pengambilan sampel dilakukan melalui purposive sampling dengan kriteria siswa tidak merasa bergairah dalam belajar, siswa merasa lelah dan letih setiap hari, siswa kesulitan berkonsentrasi dan mudah lupa dalam belajar, dan siswa kehilangan minat belajar. Setelah mengetahui karakter dari siswa yang akan dijadikan sampel, maka sampel akan dibagi dalam 2 kelas yaitu kelas IV-X sebagai kelas eksperimen dan kelas IVY sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dirancang sebagai quasi-eksperimen yang menggunakan analisis data kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan wawancara dan kuesioner tes yang berisikan 25 items soal. Teknik analisis data penelitian digunakan rumus t-tes. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa thitung adalah 3,940 dimana harga ttabel adalah 1,683 maka dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel atau 3,940 > 1,683 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Artinya ada pengaruh model pembelajaran talking stick untuk menghilangkan kejenuhan belajar siswa kelas IV SD Negeri 6 Ketol Tahun Pembelajaran 2024/2025.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...