JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Kelas IX SMP PKBM Darul Hikam Kebumen

Nur, Mohamad Taufiq (Unknown)
Abror, Muchlas (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2025

Abstract

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa agar mampu berpikir kritis dan terstruktur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan GLS di kelas IX SMP PKBM Darul Hikam serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan ex post facto. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa GLS di SMP PKBM Darul Hikam masih berada pada tahap pembiasaan, dengan kegiatan utama berupa membaca 10 menit sebelum pembelajaran, penyediaan taman baca, serta seminar literasi. Namun, implementasi program ini belum berjalan optimal karena beberapa faktor penghambat, seperti keterbatasan jumlah dan variasi buku, ketiadaan perpustakaan, serta minimnya keterlibatan tenaga pendidik dalam budaya literasi. Akibatnya, sebagian peserta didik merasa membaca adalah aktivitas yang membosankan karena pilihan buku yang terbatas. Untuk mengatasi kendala ini, diperlukan upaya peningkatan fasilitas literasi, diversifikasi koleksi buku sesuai dengan minat peserta didik, serta peningkatan keterlibatan tenaga pendidik dalam mendukung GLS. Dengan langkah-langkah tersebut, diharapkan GLS dapat berjalan lebih efektif dan berkontribusi dalam membentuk peserta didik yang literat, kritis, dan kompeten.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...