JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kinerja Guru Bimbingan Konseling terhadap Minat Konsultasi di SMA Negeri 3 Kota Jambi

Nainggolan, Nataldo (Unknown)
Sutja, Akmal (Unknown)
Sarman, Freddi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2025

Abstract

Bimbingan dan Konseling merupakan program bantuan yang dilaksanakan untuk membantu siswa mengenali dirinya dan mengembangkan potensi yang dimilikinya secara optimal, dalam pengembangan potensi siswa kerap kali siswa dihadapkan pada permasalahan yang timbul dan menghambat perkembanganya, konsultasi merupakan bantuan yang diberikan untuk menguraikan permasalahan tersebut. Konsultasi menuntut adanya hubungan yang baik antara siswa dan guru bimbingan dan konseling, namun pada fenomena yang ditemukan masih banyak siswa terkesan enggan dan takut untuk melakukan konsultasi kepada guru bimbingan dan konseling. Penelitian ini dilaksanakan untuk melihat apakah terdapat pengaruh antara persepsi akan kinerja guru bimbingan dan konseling terhadap minat siswa dalam berkonsultasi. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana ditemukan bahwa terdapat pengaruh antara persepsi siswa terhadap minat siswa dalam berkonsultasi, terdapat 9% pengaruh yang ditunjukkan oleh hasil koefisien determinasi. Hasil persentase sebsar 74% dan 68% juga menunjukkan bahwa terdapat keterkaitan antara persepsi kinerja dan minat siswa dalam melakukan konsultasi terhadap guru bimbingan dan konseling

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...