JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Keefektifan Metode Role Playing dalam Meningkatkan Pemahaman dan Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyah

Khairani, Muthia (Unknown)
Mastoah, Imas (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2025

Abstract

Investigasi ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pendekatan pedagogis Role Playing dalam meningkatkan pemahaman serta pengembangan karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah melalui telaah literatur yang relevan. Metode Bermain Peran merupakan strategi pembelajaran aktif yang memungkinkan siswa untuk mengambil peran tertentu atau berpartisipasi dalam skenario yang telah dirancang. Pendekatan ini dinilai sesuai untuk mengembangkan kompetensi kognitif, afektif, dan sosial peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan menelaah berbagai sumber literatur mengenai penerapan teknik Bermain Peran di jenjang pendidikan dasar. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode ini efektif dalam memperkuat pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran melalui pengalaman belajar yang lebih nyata dan interaktif. Selain itu, Role Playing berkontribusi secara signifikan terhadap pengembangan karakter siswa, seperti rasa percaya diri, empati, dan keterampilan komunikasi. Keberhasilan penerapan metode ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk perancangan skenario yang matang, peran guru sebagai fasilitator, serta keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan dalam implementasinya, seperti keterbatasan waktu dan sumber daya. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi para pendidik di Madrasah Ibtidaiyah, mendorong pemanfaatan metode Role Playing sebagai strategi pembelajaran yang inovatif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...