JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Permasalahan dalam Implementasi Pendidikan Inklusi di Sumatera Utara

Selina, Angelia (Unknown)
Sinuhaji, Astifiona Anastasya Br. (Unknown)
Siagian, Bethesda Ulfa (Unknown)
Tarigan, Laura Debrina (Unknown)
Sitorus, Nia Damai Putri Br. (Unknown)
Lubis, Nurul Fadilah (Unknown)
Puteri, Anggia (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis permasalahan yang terjadi dalam implementasi pendidikan inklusi di Sumatera Utara, serta mencoba menemukan solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melalui pendekatan studi kepustakaan. Instrumen kunci pada penelitian adalah peneliti sendiri. Tahap yang dilakukan dalam penelitian ada empat, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil yang ditemukan setelah menganalisis data terdapat beberapa permasalahan dalam implementasi pendidikan inklusi di Sumatera Utara, seperti adanya stigma (pandangan negatif) terhadap pendidikan inklusi, terbatasnya sumber daya, serta kesiapan sekolah dan guru yang kurang memadai.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...