Anak usia sekolah merupakan golongan anak yang berusia 6-12 tahun. Salah satu penyebab gangguan perkembangan kognitif adalah penggunaan smartphone yang berlebihan kepada anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua anak kelas I-VI yang berjumlah 93 orang. Sampel diambil dengan menggunakan rumus Slovin diperoleh 48 responden yang ditentukan proporsinya menggunakan metode Stratified Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki tingkat penggunaan smartphone dalam kategori sedang (62,5%) dan perkembangan kognitif responden sebagian besar dalam kategori baik (66,7 %). Hasil uji analisis bivariat dengan Pearson Chi-Square diperoleh nilai p value adalah 0,002. Terdapat hubungan penggunaan smartphone terhadap perkembangan kognitif anak usia sekolah di SD Inpres Mantikole. Diharapkan bagi tenaga pengajar dapat memperhatikan siswa dalam penggunaan smartphone.
Copyrights © 2025