Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bahasa emosi guru dan memahami secara mendalam penggunaannya dalam konteks pengajaran di PKBM Darul Hikam. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini berfokus pada eksplorasi bagaimana guru mengekspresikan emosi mereka melalui bahasa selama interaksi dengan siswa, terutama dalam memberikan dukungan emosional. Bahasa emosi guru berperan penting dalam membangun hubungan baik dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan guru serta siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan berbagai ekspresi emosi untuk memotivasi dan membimbing siswa, menciptakan suasana positif yang kondusif untuk belajar. Selain itu, bahasa emosi membantu menangani tantangan akademik dan personal siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa bahasa emosi adalah alat penting bagi guru untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan kesejahteraan emosional, serta menekankan pentingnya integrasi keterampilan komunikasi emosional dalam program pelatihan guru.
Copyrights © 2025