JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Bahasa Emosi Marah Pada Guru di PKBM Darul Hikam: Kajian Psikolinguistik

Yanto, Yoga Dwi (Unknown)
Kurniawan, Muh. Akbar (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bahasa emosi guru dan memahami secara mendalam penggunaannya dalam konteks pengajaran di PKBM Darul Hikam. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini berfokus pada eksplorasi bagaimana guru mengekspresikan emosi mereka melalui bahasa selama interaksi dengan siswa, terutama dalam memberikan dukungan emosional. Bahasa emosi guru berperan penting dalam membangun hubungan baik dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan guru serta siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan berbagai ekspresi emosi untuk memotivasi dan membimbing siswa, menciptakan suasana positif yang kondusif untuk belajar. Selain itu, bahasa emosi membantu menangani tantangan akademik dan personal siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa bahasa emosi adalah alat penting bagi guru untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan kesejahteraan emosional, serta menekankan pentingnya integrasi keterampilan komunikasi emosional dalam program pelatihan guru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...