JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Penguatan Pendidikan Karakter Anak Melalui Budaya Maja Labo Dahu di TK Yaa Bunaya Kota Bima

Jumriati, Jumriati (Unknown)
Ramadhan, Syahru (Unknown)
Hermansyah, Hermansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2025

Abstract

Pendidikan karakter anak merupakan aspek penting dalam membentuk perilaku positif sejak usia dini. Di TK Yaa Bunaya Kota Bima penguatan pendidikan karakter dilakukan melalui penerapan budaya lokal Maja Labo Dahu yang mengajarkan nilai malu dan takut berbuat salah. Penelitian ini bertujuan untuk menggali upaya yang dilakukan oleh guru dalam membina karakter anak melalui budaya tersebut. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di TK Yaa Bunaya berhasil membina karakter disiplin, tertib, cinta tanah air, serta kebersihan melalui berbagai kegiatan berbasis budaya Maja Labo Dahu. Anak-anak diajarkan untuk merasa malu dan takut jika tidak berperilaku baik seperti dalam kegiatan rutin menjaga kebersihan, menghormati lingkungan, serta mengenal dan menghargai budaya lokal. Pembiasaan ini terbukti efektif dalam membentuk karakter sosial emosional anak yang positif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...