Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi akademik siswa dalam Biologi dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif Team Games Tournament (TGT) di kelas XI Fase F di SMAN 15 Padang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat fase: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan paradigma TGT. Pada Siklus I, persentase ketuntasan klasikal mencapai 73,33%, sedangkan pada Siklus II meningkat menjadi 86,67%. Peningkatan tersebut bertepatan dengan kenaikan nilai rata-rata siswa dari 78,7 pada Siklus I menjadi 90,6 pada Siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model TGT secara efektif meningkatkan hasil belajar siswa, meningkatkan antusiasme mereka dalam belajar, dan mendorong kolaborasi di antara teman sebaya. Penelitian ini menganjurkan penerapan model TGT yang berkelanjutan, dengan peningkatan manajemen waktu dan pemahaman siswa terhadap aturan permainan untuk mencapai hasil yang lebih baik.
Copyrights © 2025