Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan penggunaan tanda baca dalam makalah akademik mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Negeri Medan tahun 2023. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk mengidentifikasi jenis kesalahan tanda baca yang paling sering terjadi, seperti kesalahan dalam penggunaan titik, koma, titik dua, dan tanda hubung. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesalahan tersebut disebabkan oleh kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap kaidah Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (PUEBI) dan minimnya pelatihan keterampilan menulis. Kesalahan tanda baca dapat mengganggu pemahaman pembaca terhadap isi tulisan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa mahasiswa perlu mendapatkan pelatihan intensif tentang penggunaan tanda baca yang benar, serta bimbingan tambahan dari dosen atau pendamping akademik, untuk meningkatkan kualitas karya tulis akademik mereka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025