JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Analisis Strategi Pemasaran Syariah Pada Hotel Merangin Syariah di Kota Bangko

Ardian Imana Putra, M. (Unknown)
Kusnadi, Dedek (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh Hotel Merangin Syariah di Kota Bangko. Sebagai hotel berbasis syariah, strategi pemasaran yang tepat menjadi penting untuk menarik pelanggan sekaligus mempertahankan keunggulan kompetitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan 1. Hotel Merangin Syariah menerapkan strategi pemasaran yang meliputi produk, harga, tempat, dan promosi. Hotel ini menawarkan layanan berbasis syariah dengan fasilitas yang lengkap, harga yang kompetitif, dan lokasi yang nyaman dan tenang di sekitar masjid. Dalam aspek promosi, hotel ini memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan TikTok untuk menjangkau lebih banyak tamu dan mengukur keefektifannya dengan jumlah interaksi di media sosial. Strategi ini dirancang untuk menarik tamu dengan nilai berbasis syariah dan tetap kompetitif di pasar. 2. Hotel Merangin Syariah memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan jangkauan dan daya tariknya. Facebook dan Instagram digunakan sebagai platform utama untuk mempromosikan hotel. Mereka melihat efektivitas strategi ini melalui jumlah penonton pada konten reels dan mendapat respons positif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...