JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pengaruh Latihan Zig-Zag Run terhadap Kelincahan Tendangan Sabit Atlet Pencak Silat NU Pagar Nusa Rayon MTsN 4 Kebumen Tahun 2025

Irawan, Yogi Ferdy (Unknown)
Hidayat, Riski (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan zig-zag run terhadap kelincahan tendangan sabit atlet pencak silat NU Pagar Nusa Rayon MTsN 4 Kebumen tahun 2025. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet pencak silat NU Pagar Nusa Rayon MTsN 4 Kebumen yang berjumlah 24 orang, dengan sampel sebanyak 20 atlet yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes kelincahan tendangan sabit dengan validitas 0,82 dan reliabilitas 0,86. Perlakuan yang diberikan berupa program latihan zig-zag run yang dilakukan selama 6 minggu dengan frekuensi 3 kali per minggu. Analisis data menggunakan uji-t (paired sample t-test) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari latihan zig-zag run terhadap kelincahan tendangan sabit atlet pencak silat NU Pagar Nusa Rayon MTsN 4 Kebumen (t-hitung 8,467 > t-tabel 2,093 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05). Rata-rata hasil pretest kelincahan tendangan sabit sebesar 11,78 detik dan rata-rata hasil posttest sebesar 9,42 detik, dengan peningkatan sebesar 20,03%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa latihan zig-zag run efektif dalam meningkatkan kelincahan tendangan sabit atlet pencak silat NU Pagar Nusa Rayon MTsN 4 Kebumen tahun 2025.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...