JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pengaruh Manajemen Kesiswaan, Manajemen Sarana Prasarana dan Kinerja Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Qur'an Al-Hamidy

Elselita, Ajeng (Unknown)
Masrur, Moh. (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2025

Abstract

Pendidikan adalah salah satu bidang yang sangat krusial dalam menentukan SDM yang memiliki kualitas baik Menurut studi literatur memaparkan pada jenjang pendidikan SMP, perolehan terkait dengan prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh kinerja guru, manajemen sarana dan prasarana, serta manajemen kesiswaan. Adapun penelitian ini bertujuan dalam menganalisis pengaruh manajemen kesiswaan, manajemen sarana prasarana dan kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa di SMP Qur'an Al-Hamidy. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini mengadopsi metode penelitian kualitatif. Hasil temuan memaparkan prestasi belajar di SMP Qur’an Al Hamidy peserta didik dipengaruhi kinerja guru, manajemen sarana dan prasarana, serta keterlibatan dari manajemen siswa. Pada manajamen kesiswaan, dibutuhkan keterlibatan langsung dari kepala sekolah, misalnya dalam proses kelulusan, pengembangan diri, pembinaan siswa, serta penerimaan siswa baru. Keberadaan dari sarana prasarana disekolah harus disediakan dengan baik dan lengkap guna menunjang bakat ataupun minat dari peserta didik. Saat bakat atau minat yang dimiliki oleh siswa didukung oleh ketersediaan sarana prasarana disekolah, maka hal tersebut akan memberikan dampak terhadap perolehan prestasi belajar yang baik. Menurut analisis yang dilakukan memaparkan terkait peningkatan prestasi belajar peserta didik dapat diperoleh melalui kontribusi serta adanya kinerja yang baik oleh guru. Keberadaan dari sekolah untuk memperbaiki kinerja dari guru ialah dengan memberikan program pelatihan, workshop, seminar, dan beberapa kegiatan pengembangan lainnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...