Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan kelengkapan sumber belajar dengan hasil belajar IPA siswa, (2) hubungan kemandirian siswa dengan hasil belajar IPA siswa, dan (3) hubungan kelengkapan sumber belajar dan kemandirian siswa dengan hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 2 Lengayang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasi dengan menggunakan teknik simple random sampling dalam pengambilan sampelnya. Teknik analisis data yang digunakan: uji normalitas menggunakan uji Kolmogrov-Smirnov dan uji linieritas menggunakan Anova Table, serta uji hipotesis dengan korelasi sederhana dan berganda Product Moment, uji-t dan uji-F serta Koefisien Determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) ada hubungan kelengkapan sumber belajar dengan hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 2 Lengayang (nilai thitung 2.352 > ttabel 1.960) dengan hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y = 56.919 + 0.174X dengan koefisien determinasi (R2) kelengkapan sumber belajar dengan hasil belajar sebesar 0.035. (2) ada hubungan kemandirian siswa dengan hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Lengayang (nilai thitung 2.682 > ttabel 1.960) dengan hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y = 53.400 + 0.212X dengan koefisien determinasi (R2) kelengkapan sumber belajar dengan hasil belajar sebesar 0.045. (3) ada hubungan kelengkapan sumber belajar dan kemandirian siswa dengan hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 2 Lengayang (Fhitung 5.794> Ftabel 3.072) dengan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 44.399 + 0.150 (X1) + 0.191 (X2) dengan koefisien determinasi (R2) kelengkapan sumber belajar dan kemandirian siswa dengan hasil belajar sebesar 0.070.Kata Kunci: Kelengkapan Sumber Belajar, Kemandirian Siswa, Statistik, Hasil Belajar
Copyrights © 2017