SAINTIFIK@ : Jurnal Pendidikan MIPA
Vol 1, No 2 (2017)

PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING dengan MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) pada MATERI PROGRAM LINIER terhadap ASPEK KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS MAHASISWA

Nurma Angkotasan (Universitas Khairun)
Ariyanti Jalal (Universitas Khairun)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran problem solving dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) pada materi program linier terhadap aspek kemampuan representasi matematis mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester IV kelas A dan kelas B di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Khairun Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan melibatkan 83 orang mahasiswa sebagai subyek penelitian yang diambil dengan teknik purposif sampling. Data kemampuan representasi matematis dikumpulkan dengan tes kemampuan representasi matematis. Data kemampuan representasi matematis selanjutnya dianalisis dengan uji statistik nonparametrik yakni uji tanda (sign test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem solving lebih efektif dari pada model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis mahasiswa pada materi program linier.Kata kunci: Kooperatif, Problem Solving, TTW, Representasi Matematis, Sign test, Program linier

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Saintifik

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JURNAL ini memuat tentang topik-topik bidang ilmu MIPA dan pembelajarannya, bagi dosen yang akan diterbitkan sesuai kajian akademik. RUANG LINGKUP JURNAL INI ADALAH AKAN MENERBITKAN TOPIK SEBAGAi BERIKUT: 1. Bidan Matematika dan Pembelajarannya 2. Bidang Fisika dan Pembelajarannya 3. Bidang Biologi ...