Indonesian Journal of Health Science
Vol 5 No 2 (2025)

Edukasi Emotional Demonstration dalam meningkatkan pengetahuan dan tindakan kepatuhan medikasi lansia hipertensi

Pertiwi, Rina (Unknown)
Maulina, Maulina (Unknown)
Asniar, Asniar (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2025

Abstract

Latar Belakang: Kepatuhan medikasi pada lansia dengan hipertensi sangat penting untuk mencegah komplikasi dan menurunkan hospitalisasi, namun tingkat kepatuhan medikasi pada pasien hipertensi khususnya lansia masih rendah sehingga diperlukan suatu upaya untuk mengatasi hal tersebut melalui pendidikan kesehan. Penulisan ini bertujuan untuk memberikan gambaran peningkatan pengetahuan dan tindakan kepatuhan medikasi melalui edukasi Emotional Demonstration (Emo Demo) pada lansia hipertensi di Aceh Besar. Metode: Metode kegiatan dimulai dengan pengumpulan data melalui Focus Group Discussion (FGD) pada sepuluh lansia hipertensi serta wawancara pada bidan desa dan kader posyandu lansia. Kegiatan implementasi berupa edukasi Emo-Demo, evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test. Analisa data menggunakan analisa univariat dan uji Paired T Test. Hasil: Hasil uji univariat menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan sebelum dan sesudah kegiatan dari 63,15 % menjadi 78,95 % serta peningkatan tindakan kepatuhan dari 36,8% menjadi 57,8%. Hasil uji Paired T Test didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan yang sebelum dan sesudah dilakukan Emo-Demo dengan nilai pengetahuan sebesar 0.016 serta tindakan kepatuhan 0,011. Rekomendasi: Metode Emo Demo ini direkomendasikan untuk terus digunakan dalam program edukasi kesehatan, terutama bagi lansia, guna meningkatkan kesadaran dan kepatuhan dalam pengobatan penyakit kronis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijhs

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Veterinary

Description

Indonesian Journal of Health Science is a place for disseminating research results in the field of health, including, but not limited to topics of public health, environmental health, occupational health, pharmacy, nutrition, epidemiology, medical laboratories, physiotherapy, or other general ...