AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 9 No 1 (2025): Februari

Pemanfaatan Digital Marketing Pada UMKM di Perumahan Tegal Besar Permai II Kabupaten Jember

Saadillah, Dinu (Unknown)
Nadhirah, Aulia (Unknown)
Al Ardi, Aditya Nizar (Unknown)
Kurniawati, Dewi (Unknown)
Pratama, Fredy Eka Ardhi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

ABSTRAK Salah satu penggerak roda perekonomian di Indonesia adalah kontribusi dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Keberadaan UMKM diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya penanggulangan permasalahan ekonomi khususnya di era revolusi industri 4.0 dan era setelah pandemi Covid-19. Kemajuan teknologi informasi yang sangat pesat dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan salah satunya pada aspek perdagangan. Pandemi covid yang terjadi telah mengubah perilaku konsumen dalam hal pembelian secara online. Salah satu sistem perdagangan yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi saat ini dikenal dengan istilah digital marketing. E-Commerce merupakan platform transaksi bisnis melalui jaringan elektronik berupa internet. Pengenalan dunia teknologi khususnya bidang digital marketingdilakukan pada pelaku UMKM di Perumahan Tegal Besar Permai II Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan mulai bulan Juni 2022 sampai bulan November 2022. Tahapan kegiatan dalam pengabdian ini dimulai dari tahap persiapan, pelatihan pemanfaatan platform Shopee, pendampingan kegiatan, dan evaluasi kegiatan. Adapun luaran dari pengabdian ini adalah meningkatnya pengetahuan dan keterampilan, serta meningkatnya kemampuan manajemen dari UMKM di Perumahan Tegal Besar Permai II.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Axiologiya

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Aksiologiya merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat yang menjadi wadah ilmiah untuk pengabdian. Artikel merupakan hasil dari IbM, IbW, IbPE, IbIKK, atau pengabdian lainnya yang berasal dari non ...