RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 11, No 1 (2025)

KEBERSYUKURAN DAN KECEMASAN PADA MAHASISWA: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW BASED ON BIG DATA

Jannah, Dwi Susi Miftakhul (Universitas Negeri Malang)
Munawaroh, Munawaroh (Universitas Negeri Malang)
Eva, Nur (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2025

Abstract

Mahasiswa rentan mengalami kecemasan karena beberapa faktor, baik dari faktor dari dalam diri mahasiswa maupun faktor dari luar. Kecemasan ini dapat memberikan beberapa dampak negatif pada fisik, psikologis, dan produktivitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebersyukuran dengan kecemasan pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review yang merupakan metode untuk mengkaji penelitian sebelumnya dengan topik tertentu untuk mendapatkan tujuan dari penelitian. Artikel dicari dengan bantuan software Publish or Perish berdasarkan keyword yang telah ditentukan. Peneliti berhasil menemukan 996 artikel dengan kategori yang terbit pada tahun 2019-2024 dan selanjutnya digunakan 11 artikel terkait yang sesuai dengan topik penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis PRISMA atau Preffered Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses yang dilakukan secara sistematis berdasarkan tahapan yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebersyukuran berhubungan dengan kecemasan karena kebersyukuran merupakan faktor pelindung dari munculnya kecemasan, membantu mengatasi segala kesulitan yang dihadapi, hingga dapat meningkatkan motivasi mahasiswa. Mahasiswa yang memiiliki kebersyukuran cenderung akan memiliki energi yang positif, melakukan kegiatan positif, dan memiliki hubungan sosial yang baik sehingga menerima dukungan sosial dari keluarga, teman, hinga dosen. Selain itu, mahasiswa yang memiliki kebersyukuran akan lebih terlindungi dari pengalaman yang buruk, mampu menghargai sesuatu yang dimiliki, memiliki kesehatan mental yang baik, dan dapat meningkatkan motivasi, fokus, serta produktivitas. Implikasi penelitian ini merujuk pada pentingnya mahasiswa menyadari faktor penyebab munculnya kecemasan sehingga dapat menyelesaikannya dan memiliki kebersyukuran sebagai pegangan dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...