IKRA-ITH EKONOMIKA
Vol. 8 No. 1 (2025): IKRAITH-EKONOMIKA Vol 8 No 1 Maret 2025

Strategi Promosi Melalui Media Instagram Perspektif Ekonomi Syariah Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi pada Rindu Mode Di Kab.Bone)

Harnida, Harnida (Unknown)
Karyono, Otong (Unknown)
Jumriani, Jumriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi promosi yang dilakukan oleh Toko Rindu Mode melalui media sosial Instagram dalam meningkatkan penjualan serta meninjau kesesuaiannya dengan prinsip ekonomi syariah. Toko Rindu Mode merupakan salah satu UMKM fashion yang aktif menggunakan Instagram sebagai media promosi utama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rindu Mode menerapkan berbagai strategi promosi yang efektif, antara lain penyajian konten visual menarik, pemberian diskon dan penawaran khusus, kolaborasi dengan influencer, serta keaktifan mengikuti berbagai kegiatan komunitas. Strategi tersebut terbukti meningkatkan penjualan, memperluas jangkauan pasar, serta memperkuat hubungan dengan pelanggan. Dari perspektif ekonomi syariah, strategi promosi yang dilakukan Rindu Mode telah sesuai dengan nilai-nilai Islam, seperti kejujuran dalam penyampaian informasi produk, keterbukaan harga, serta menghindari praktik penipuan dan ketidakjelasan (gharar). Selain itu, toko ini juga menerapkan prinsip kerelaan untuk memperoleh keuntungan yang wajar demi menjaga kepuasan dan kepercayaan konsumen.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IKRAITH-EKONOMIKA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

This scientific journal of IKRA-ITH Ekonomiika is a Scientific Journal for the publication of economic papers published by the YAI University Persada Indonesia Research and Community Service Institute. This scientific journal is a means of pouring ideas and lecturer papers working in the field of ...