Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD)
JRPD Volume 6 Nomor 1, Maret 2025

MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS EDUCAPLAY PADA PELAJARAN IPAS DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERNALAR KRITIS SISWA

Fadilah, Annisa Salma (Unknown)
Irawan, Dedy (Unknown)
Kristianto, Andika (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2025

Abstract

Terdapart 6 dimensi dalam profil pelajar Pancasila, salah satunya adalah bernalar kritis. Dimensi ini memiliki keterkaitan dengan capaian pembelajaran IPAS. Terdapat dugaan keterampilan bernalar kritis pada siswa akan meningkat jika dikombinasikan dengan model pembelajaran serta media yang tepat. Problem based learning memiliki sintak yang mendukung stimulasi keterampilan bernalar kritis siswa. Educaplay dapat menjadi alternatif media yang cocok untuk dikolaborasikan dengan model PBL sehingga meningkatkan keterampilan bernalar kritis. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan mengikuti prosedur penelitian Kemmis dan McTaggart. Sasaran penelitian adalah siswa kelas IV. Teknik pengambilan data dilakukan menggunakan non test yaitu observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Microsoft Excel 2013. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa model PBL berbasis educaplay dapat meningkatkan keterampilan bernalar kritis siswa. Terdapat kenaikan rata-rata persentase dari pelaksanaan siklus I dan siklus II yaitu mencapai 84% > 80%. Guru dapat memanfaatkan PBL berbasis educaplay untuk melakukan pembelajaran IPAS agar keterampilan bernalar kritis siswa semakin meningkat. Kata kunci: Keterampilan Bernalar Kritis; Educaplay; IPAS  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpd

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) adalah jurnal ilmiah nasional yang menyajikan artikel dari hasil pemikiran dan penelitian di bidang pendidikan dasar dan bidang lainnya yang relevan, meliputi bidang: 1. Pendidikan Dasar 2. Inovasi Pembelajaran 3. Evaluasi Pembelajaran 4. Pengembangan Kurikulum ...