Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran
Vol. 1 No. 2 (2021): May-August 2021

ETNOMATEMATIKA DALAM BUDAYA BARAPAN KEBO SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Rizki, Heru Tri Novi (Unknown)
Diena Frentika (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Siswa dapat belajar matematika melalui budaya karena di dalam budaya terkandung konsep-konsep matematika yang dapat diterapkan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi etnomatematika yang ada pada budaya masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat yaitu Barapan Kebo sehingga dapat menjadi inovasi dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah di Kecamatan Taliwang pada tahun 2020. Data penelitian ini adalah data kualitatif yang dikumpulkan menggunakan wawancara, studi pustaka, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan, reduksi, penyajian, dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat etnomatematika dalam budaya Barapan Kebo Kabupaten Sumbawa Barat, dan 2) konsep matematika pada Barapan Kebo yaitu peluang, statistik, himpunan, dan bilangan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran (JRIP) adalah jurnal penelitian dan pengembangan kependidikan yang diterbitkan oleh Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian atau kajian kritis dibidang kependidikan dengan ...