Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran
Vol. 2 No. 1 (2022): Januari-April 2022

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE BELAJAR DEMONSTRASI SMK NEGERI 9 JAKARTA

Tambun, Mastiur (Unknown)
Darwis, Muhammad (Unknown)
Rifai, Anna (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar Peserta didik dalam proses pembelajaran OTK Keuangan di Kelas XI OTKP SMK Negeri 9 Jakarta dengan Motode Demonstrasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan dimulai dengan tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif atau kombinasi antara keduanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Penerapan metode demonstrai terbukti bisa meningkatkan prestasi belajar Otomatisasi Tata Kelola Keuangan dan aktivitas belajar Peserta didik Kelas XI OTKP SMK Negeri 9 Jakarta. Peningkatannya sangat signifikan, dari 43% pada siklus pertama menjadi 74% pada siklus kedua, yang berarti prestasi belajar Otomatisasi Tata Kelola Keuangan dan aktivitas belajar Peserta didik mengalami kenaikan sebesar 30,71%. Dan Penerapan metode Pembelajaran Demonstrasi terbukti juga bisa meningkatkan prestasi belajar Otomatisasi Tata Kelola Keuangan dan ketuntasan belajar Peserta didik Kelas XI OTKP SMK Negeri 9 Jakarta Tahun Pelajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran (JRIP) adalah jurnal penelitian dan pengembangan kependidikan yang diterbitkan oleh Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian atau kajian kritis dibidang kependidikan dengan ...