Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya keaktifan belajar siswa kelas V SDS HKBP Pardamean Medan. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah terapat pengaruh positif dari metode reward terhadap keaktifan belajar siswa tema 1 subtema 3 kelas V SDS HKBP Pardamean Medan T.A 2023/2024. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment dengan menggunakan rancangan penelitian one group pretest-postest. Sampel penelitian ini kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Intrumen atau teknik pengumpulan data penelitian yaitu angket keaktifan belajar siswa dengan 17 butir soal dinyatakan valid dan 3 butir soal dinyatakan tidak valid. Reliabilitas 0,907 dinyatakan reliabel dengan kategori reliabilitas sangat tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji-T. hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata angket keaktifan belajar siswa dengan metode reward 74, sedangkan pembelajaran dengan metode konvensional yaitu 60,54. Selain itu, hasil perhitungan hipotesis dengan menggunakan uji-T. diperoleh hasil thitung = -51,5642 > ttabel = -1,7207, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dimana artinya terdapat pengaruh positif yang signifikan antara penggunaan metode reward terhadap keaktifan belajar siswa tema 1 subtema 3 kelas V SDS HKBP Pardamean Medan T.A 2023/2024.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023