Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2024): Januari-April 2024

Persepsi Mahasiswa Terhadap Aplikasi CBT Android Berbasis Exambrower Sebagai Alat Evaluasi Paper Less

Septiana, Nurul (Unknown)
Rohmadi, Mukhlis (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat. Hal ini menuntut ada perubahan dan perkembangan proses pembelajaran termasuk evaluasi. Untuk itu diperlukan media evaluasi yang mampu digunakan untuk proses evaluasi sesuai dengan perkembangan teknologi. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah Aplikasi CBT Android berbasis exambrower. Dengan aplikasi Android diharapkan memudahkan mahasiswa dalam melaksanakan ujian dan dengan exambrower maka lebih membuat mahasiswa menjadi objektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa dalam pelaksanaan Ujian menggunakan Aplikasi CBT Android berbasis exambrower. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, dengan sumber data adalah mahasiswa yang mengikuti perkuliahan. Teknik pengumpulan data melalui angket dan wawancara kemudian dianalisis menggunakan teknik Analisis dan Penyajian Riset Naratif. Temuan data lapangan memperlihatkan bahwa mahasiswa memberikan respons positif atas penggunaan aplikasi CBT Android berbasis exambrower pada Ujian Tengah dan Akhir Semester. Aplikasi yang digunakan lancar dan mudah digunakan dan hanya ada beberapa masalah teknis yang dirasakan mahasiswa namun bisa diatasi, permasalahan utama yang dirasakan adalah tentang jaringan yang sering terputus dirasakan sekitar 40% dari mahasiswa yang mengalami permasalahan. Dari data penelitian dapat disimpulkan bahwa Aplikasi CBT Android sebagai alat evaluasi yang digunakan menarik dana dapat diterima dengan baik oleh mahasiswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran (JRIP) adalah jurnal penelitian dan pengembangan kependidikan yang diterbitkan oleh Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian atau kajian kritis dibidang kependidikan dengan ...