Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2024): Januari-April 2024

Pengembangan Media Pembelajaran Sipakainga’ Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Dan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar

Ramdayani, Finka Sari (Unknown)
Azis, Sitti Aida (Unknown)
Akhir, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Sipakainga’ pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) untuk meningkatkan membaca pemahaman dan kemandirian belajar siswa kelas IV SDN No. 36 Lapporo. Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model 4D oleh S. Thiagaranja, Dorothy S. Sammel, dan Melyn I. Sammel meliputi define, design, develop, dan disseminate. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli media dan ahli materi, angket respon guru dan siswa, tes membaca pemahaman, angket kemandirian belajar dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu Pertama, kevalidan media pembelajaran Sipakainga’ berdasarkan ahli materi yaitu 95,6%, sedangkan ahli media yaitu 94,5% termasuk kategori sangat valid. Kedua, kepraktisan media pembelajaran Sipakainga’ berdasarkan angket respon guru dan siswa memperoleh nilai persentase masing-masing 100% kategori sangat praktis. Ketiga, keefektifan media pembelajaran Sipakainga’ pada membaca pemhaman dan kemandirian belajar menggunakan paired sample t-test yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000 atau nilai sig<0,05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil keterampilan membaca pemahaman dan kemandirian belajar di kelas kontrol dan kelas eksperimen antar sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran Sipakainga’. Dengan demikian, temuan ini menegaskan bahwa media pembelajaran Sipakainga’ dapat menjadi alternatif efektif dalam meningkatkan membaca pemahaman dan kemandirian belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran (JRIP) adalah jurnal penelitian dan pengembangan kependidikan yang diterbitkan oleh Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian atau kajian kritis dibidang kependidikan dengan ...