Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar mata kuliah Statistika Pendidikan Berbasis Konstruktivisme yang akan digunakan sebagai salah satu pedoman mengajar dosen dan sumber belajar bagi mahasiswa. Pengembangan buku ajar ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket dan pedoman wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan rumus dan pengkategorian. Hasil yang diperoleh yaitu buku ajar yang disusun telah memenuhi syarat kelayakan. Dengan Tingkat kelayakan isi buku sebesar 90,00% dengan kategori sangat baik, kelayakan desain buku sebesar 80,00% dengan kategori baik. Sedangkan Tingkat kelayakan media sebesar 82,86% dengan kategori baik. Tingkat kelayakan uji terbatas perorangan dosen pengampuh mata kuliah sebesar 93,33% berada pada kategori sangat baik dan mahasiswa sebesar 91,88% yang berada pada kategori sangat baik, serta uji kelompok kecil diperoleh sebesar 91,38% dengan kategori sangat baik. Setelah melalui proses revisi draf buku ajar, diperoleh buku ajar yang layak untuk digunakan pada mata kuliah statistika pendidikan.
Copyrights © 2024