Seiring dengan perkembangan teknologi, buku cetak kini dapat dibuat dalam bentuk elektronik yang mudah diakses dan dibaca kapan saja serta di mana saja. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa e-book berbasis Flipbook Maker untuk siswa kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadopsi model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Aplikasi yang digunakan adalah Flip HTML5. Instrumen penelitian mencakup wawancara, dokumentasi, dan angket penilaian yang terdiri dari item-item untuk mengukur kevalidan, kepraktisan, serta tingkat kepuasan pengguna. Angket ini disusun dengan skala Likert dan telah diuji coba sebelumnya. Penelitian ini menguji kevalidan dan kepraktisan e-book sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran. Hasil uji validitas dari ahli media menunjukkan persentase 88% dengan kategori sangat valid, ahli materi sebesar 95% dengan kategori sangat valid, dan ahli bahasa sebesar 92% dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan dari guru mencapai 96% dengan kategori sangat praktis, dan dari peserta didik sebesar 92% dengan kategori sangat praktis, di mana uji kepraktisan ini melibatkan 26 siswa. Kontribusi utama dari penelitian ini adalah pengembangan e-book berbasis Flipbook Maker yang valid dan praktis, yang dapat diimplementasikan secara efektif baik di dalam kelas maupun untuk pembelajaran mandiri di luar kelas. E-book ini memberikan solusi bagi kebutuhan bahan ajar yang interaktif dan mudah diakses, khususnya dalam konteks pembelajaran materi rukhsah di kelas VII.
Copyrights © 2024