Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran
Vol. 4 No. 3 (2024): September-December 2024

Efektivitas E-Modul Model Flipped Classroom Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen

Dewi, Komang Santhi Santhi (Unknown)
Winata, I Wayan Junko Arysutha (Unknown)
Mahaputra, I Kadek Anugrah Dewa (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan e-modul statistik model flipped classroom pada materi uji validitas dan reliabilitas instrumen. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Pra-Eksperimental. Desain penelitian ini menggunakan One Groups Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian berjumlah 25 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Efektivitas diukur berdasarkan n-Gain hasil tes yang dianalisis dengan uji-t, respon mahasiswa terhadap penggunaan e-modul model flipped classroom. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yaitu pretest dan posttest berbentuk tes kinerja materi uji validitas dan reliabilitas instrumen yang kemudian dianalisis menggunakan Uji- T dan N-Gain. Uji-T digunakan untuk menghitung apakah peningkatan hasil belajar signifikan atau tidak, sedangkan N-Gain digunakan untuk menghitung besar peningkatan hasil belajar. Berdasarkan data nilai pretest dan posttest diperoleh nilai n-gain sebesar 0,76 dengan kategori tinggi sehingga menunjukkan nilai pretest dan posttest terdapat perbedaan. Nilai rata-rata skor posttest adalah 83,56 dan diperoleh persentase ketercapaian pembelajaran sebesar 88%. Berdasarkan hasil uji t-test (paired sample t-test) menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan, hasilnya dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar prettest dan posttest. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa penggunaan e-modul terbukti efektif meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi uji validitas dan reliabilitas instrumen dengan kategori efektivitas tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran (JRIP) adalah jurnal penelitian dan pengembangan kependidikan yang diterbitkan oleh Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian atau kajian kritis dibidang kependidikan dengan ...