Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan e-modul statistik model flipped classroom pada materi uji validitas dan reliabilitas instrumen. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Pra-Eksperimental. Desain penelitian ini menggunakan One Groups Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian berjumlah 25 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Efektivitas diukur berdasarkan n-Gain hasil tes yang dianalisis dengan uji-t, respon mahasiswa terhadap penggunaan e-modul model flipped classroom. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yaitu pretest dan posttest berbentuk tes kinerja materi uji validitas dan reliabilitas instrumen yang kemudian dianalisis menggunakan Uji- T dan N-Gain. Uji-T digunakan untuk menghitung apakah peningkatan hasil belajar signifikan atau tidak, sedangkan N-Gain digunakan untuk menghitung besar peningkatan hasil belajar. Berdasarkan data nilai pretest dan posttest diperoleh nilai n-gain sebesar 0,76 dengan kategori tinggi sehingga menunjukkan nilai pretest dan posttest terdapat perbedaan. Nilai rata-rata skor posttest adalah 83,56 dan diperoleh persentase ketercapaian pembelajaran sebesar 88%. Berdasarkan hasil uji t-test (paired sample t-test) menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan, hasilnya dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar prettest dan posttest. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa penggunaan e-modul terbukti efektif meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi uji validitas dan reliabilitas instrumen dengan kategori efektivitas tinggi.
Copyrights © 2024