Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran
Vol. 4 No. 3 (2024): September-December 2024

Pengembangan Modul Ajar Digital Berbasis Augmented Reality Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila

Patmaniar, Patmaniar (Unknown)
Jumarniati, Jumarniati (Unknown)
Hardiana, Hardiana (Unknown)
Taufiq, Taufiq (Unknown)
Baharuddin, Muhammad Rusli (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Pentingnya pengembangan modul ajar digital berbasis Augmented Reality (AR) yang terintegrasi dengan Profil Pelajar Pancasila adalah untuk menciptakan solusi pembelajaran yang inovatif, relevan, dan interaktif di era digital. Modul ini tidak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan teknologi canggih seperti AR, tetapi juga membantu memperkuat karakter dan kompetensi peserta didik sesuai dengan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila. Dengan demikian, modul ini penting dalam memastikan pendidikan dapat menyelaraskan diri dengan perkembangan zaman dan kebutuhan pembelajaran yang semakin kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar digital berbasis AR yang terintegrasi profil pelajar pancasila terdiri 6 dimensi yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebinekaan global, gotong royong, mandiri, kreatif dan bernalar kritis. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Teknik analisis data yang digunakan meliputi pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi implementasi modul ajar dan data kuantitatif diperoleh dari hasil penilaian oleh ahli isi dan ahli materi serta hasil dari angket kuesioner. Kesimpulan penarikan didasarkan pada hasil pengukuran validitas, kepraktisan, dan efektivitas modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ini sangat valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran, dengan nilai validitas mencapai 79% dan 80% dalam kategori valid. Sedangkan kepraktisan mencapai 86% dan 90% dalam kategori sangat praktis. Untuk evaluasi kemampuan literasi digital juga menunjukkan bahwa sebagian besar siswa berada pada kategori "Cakap" dengan persentase 40,63%, dan "Berkembang" dengan persentase 42,19%, meskipun masih diperlukan penguatan untuk mencapai tingkat kemahiran yang lebih tinggi. Secara keseluruhan, modul ajar berbasis AR terintegrasi profil pelajar Pancasila efektif dalam mendukung pembelajaran interaktif dan membantu siswa memahami konsep abstrak dengan lebih mudah melalui visualisasi 3D.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran (JRIP) adalah jurnal penelitian dan pengembangan kependidikan yang diterbitkan oleh Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian atau kajian kritis dibidang kependidikan dengan ...