Profil lulusan program studi PGMI adalah mencetak pendidik yang memiliki komptensi dalam mendidik siswa pada mata pelajaran umum dan agama di sekolah dasar. Salah satu persyaratan pertama pendidik bisa mengajar materi agama adalah memiliki kemampuan membaca Al-Qur'an dengan benar dan lancar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kemahiran membaca Al-Qur'an mahasiswi PGMI di Ma'had Walisongo, mengidentifikasi intervensi untuk meningkatkan kemahiran membaca Al-Qur'an para mahasiswa ini, dan menguraikan tantangan yang terkait dengan penerapan intervensi tersebut dalam praktik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan mengambil bentuk penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang meliputi survei, wawancara, dan observasi. Subjek penelitian adalah mahasiswa PGMI Ma'had angkatan 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa PGMI Ma'had Al-Jami'ah UIN Walisongo memiliki kemampuan membaca Al-Qur'an yang beragam. Hasil awal menunjukkan bahwa 22 dari 79 siswa masih berada pada taraf Iqro'. Program seperti Shobahul Qur'an dan pembelajaran tajwid juga memiliki dampak yang signifikan, dengan 62 siswa menerima predikat yang baik, 16 siswa menerima predikat yang sangat baik, dan satu siswa menerima predikat yang luar biasa. Namun, masalah tetap ada, seperti siswa yang tidak terlalu terlibat dalam program dan kekurangan fasilitas pendukung, seperti ruang belajar yang tidak nyaman. Hasil ini menunjukkan bahwa kurikulum PGMI harus mengintegrasikan pembelajaran tajwid dan keterampilan membaca Al-Qur'an. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa calon guru MI memiliki dasar yang kuat dalam pendidikan keislaman. Untuk membuat pembelajaran lebih efektif, Ma'had harus menyediakan ruang belajar yang nyaman dan memiliki alat peraga seperti papan tulis. Program Ma'had dapat melibatkan orang tua lebih aktif untuk mendukung komitmen siswa. Mengadopsi pendekatan pendidikan modern, seperti penggunaan media digital untuk tajwid dan instruksi bacaan Al-Qur'an, dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2024