Guru yang profesional adalah guru yang senantiasa meningkatkan kompetensinya secara terus-menerus, selalu kreatif, inovatif, serta menganalisis kelebihan dan kekurangan yang telah dilakukan dalam proses belajar mengajar yaitu melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPAS siswa SD Negeri 24 Palembang dengan pembelajaran mennggunakan LKPD berbasis digital. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 24 Palembang. Keberhasilan dalam penelitian ini apabila hasil belajar peserta didik dalam suatu kelas mencapai ketuntasan klasikal ≥ 75% dari jumlah keseluruhan peserta didik dalam kelas dan dengan mencapai KKM dengan nilai ≥75. Berdasarkan hasil dan pembahasan terlihat bahwa terdapat peningkatan persentase siswa yang tuntas (KKM≥75) dari mulai prasiklus (43%), siklus 1 (71%), dan siklus 2 (89%). Penelitian ini telah memenuhi indikator keberhasilan karena sebanyak 89% (≥75%) siswa tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis digital dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 24 Palembang pada mata pelajaran IPAS.
Copyrights © 2025