Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran
Vol. 5 No. 1 (2025): Januari-April 2025

Pengunaan LKPD Berbasis Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa SD

Sari, Diah Kartika (Unknown)
Hartono, Hartono (Unknown)
Effendi, Effendi (Unknown)
Ad'hiya, Eka (Unknown)
Sari, Rika Puspita (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2025

Abstract

Guru yang profesional adalah guru yang senantiasa meningkatkan kompetensinya secara terus-menerus, selalu kreatif, inovatif, serta menganalisis kelebihan dan kekurangan yang telah dilakukan dalam proses belajar mengajar yaitu melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPAS siswa SD Negeri 24 Palembang dengan pembelajaran mennggunakan LKPD berbasis digital. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 24 Palembang. Keberhasilan dalam penelitian ini apabila hasil belajar peserta didik dalam suatu kelas mencapai ketuntasan klasikal ≥ 75% dari jumlah keseluruhan peserta didik dalam kelas dan dengan mencapai KKM dengan nilai ≥75. Berdasarkan hasil dan pembahasan terlihat bahwa terdapat peningkatan persentase siswa yang tuntas (KKM≥75) dari mulai prasiklus (43%), siklus 1 (71%), dan siklus 2 (89%). Penelitian ini telah memenuhi indikator keberhasilan karena sebanyak 89% (≥75%) siswa tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis digital dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 24 Palembang pada mata pelajaran IPAS.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran (JRIP) adalah jurnal penelitian dan pengembangan kependidikan yang diterbitkan oleh Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian atau kajian kritis dibidang kependidikan dengan ...