Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen evaluasi Matematika berbasis android konteks Tabot Bengkulu untuk mengukur Computational Thinking peserta didik yang valid. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian design reseacrh dengan model Plomp terdiri dari lima fase yakni investigasi awal, fase desain, fase reliasasi/konstruksi, fase validasi dan revisi, dan fase uji coba dan fase implementasi. Subjek Penelitian siswa kelas VIII SMPN 3 Mukomuko. Teknik pengumpulan data menggunakan metode validasi oleh tiga orang validator yaitu dua orang dosen matematika dan satu orang guru matematika SMP. Instrumen yang digunakan untuk menilai kevalidan instrumen evaluasi matematika dan android adalah lembar validitas isi, validasi konstruk, dan validasi bahasa. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dengan menggunakan rumus persentase persetujuan. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa instrumen evaluasi matematika dan android layak dari segi validitas isi, konstruk, dan bahasa dengan kategori valid. Hal ini dibuktikan dengan nilai persentase persetujuan pada instrumen evalausi matematika yang berada di atas 75% sebesar 86% dan 100%. Bedasarkan hasil ujicoba diperoleh hasil bahwa soal-soal yang dikembangkan memiliki tingkat validitas kategori valid dan skor CT yang diperoleh siswa berada pada kategori rendah 78,5, kategori sedang yaitu 86,5, dan kategori tinggi yaitu 92,5.
Copyrights © 2024