Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion
Vol 2, No 1 (2025): Maret 2025

Pengembangan Model Latihan Mencetak Gol Sepak Bola Berbasis Project-Based Learning

Amanda, Rayka Putri (Unknown)
Tumangger, Enmo Jos Manuel (Unknown)
Ginting, Echa Davina Emista Br (Unknown)
Azzahra, Lulu (Unknown)
Manalu, Nimrot (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan model latihan mencetak gol dalam permainan sepak bola menggunakan pendekatan Project-Based Learning (PjBL) bagi siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari 30 siswa di salah satu sekolah negeri di Medan. Data yang dikumpulkan meliputi hasil keterampilan mencetak gol siswa dan aktivitas mereka selama proses pembelajaran. Pengukuran dilakukan melalui tes keterampilan mencetak gol serta lembar observasi untuk menilai partisipasi dan kerja sama siswa dalam kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang teknik dan taktik mencetak gol, serta memotivasi mereka untuk lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran. Dengan pendekatan ini, siswa tidak hanya memperoleh keterampilan teknis, tetapi juga kemampuan berpikir kritis, kolaborasi, dan pemecahan masalah dalam situasi permainan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan metode pembelajaran sepak bola di sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

MESIR

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Library & Information Science

Description

MESIR: Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion dengan nomor ISSN terdaftar 3032-3851 (Cetak - Print) dan 3032-1883 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. MESIR: Journal of Management Education Social ...