Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 13, No 1 (2025): Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi

Kajian Sistematis Tentang Implemantasi Indigenous Science dalam Pembelajaran IPA

Abidin, Zaenal (Unknown)
Soewondo, Aghniyah Mawaddah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi indigenous science dalam pendidikan IPA, dengan fokus pada pengembangan keterampilan abad ke-21 dan kesadaran budaya. Melalui analisis bibliometrik dan tinjauan literatur sistematis (SLR) dengan metode PRISMA terhadap 15 artikel yang diterbitkan antara tahun 2020 hingga 2024. Hasil analisis menunjukkan bahwa mayoritas literatur kajian membahas tentang implementasi indigenous science yang menganalisis keterkaitan konsep sains lokal dengan konsep IPA yang diajarkan. Selain itu juga membahas terkait integrasi indigenous science dengan model pembelajaran tertentu agar efektif untuk diberikan kepada siswa. Implementasi indigenous science juga memberikan dampak yang cukup beragam, mulai dari pemahaman konsep IPA, pembangunan karakter peduli dan melestarikan budaya lokal hingga berbagai keterampilan abad-21 seperti kreatif, kolaborasi, memecahkan masalah, dll.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Immunology & microbiology

Description

Jurnal Bioed ini memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan Pendidikan Biologi (kurikulum, pembelajaran, laboratorium, dan lingkungan) atau telaah kritis dan penuangan ide-ide orisinal dalam ruang lingkup pendidikan Biologi. Bioed diterbitkan ...