Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 13, No 1 (2025): Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi

Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Poster Infografis Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP IT Tadzkia Langsa

Nabillah, Nahdah (Unknown)
Marjanah, Marjanah (Unknown)
Ariska, Raja Novi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Snowball Throwing merupakan sebutan lain dari pembelajaran melempar “bola salju”. Model Snowball Throwing menekankan proses pembelajaran berkelompok. Dengan konsep kelompok, model Snowball Throwing mampu membangun aktivitas serta keaktifan siswa melalui kegiatan menggulung dan melempar kertas “bola salju. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media Poster Infografis terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Di SMP IT Tadzkia. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Desaign dengan pendekatan kuantitaif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tipe One Group Pretest Posttest Desaign. Sampel pada penelitian diambil secara total dari populasi kelas VIII yang berjumlah 18 siswa. Instrumen yang digunakan berbentuk soal tes tertulis pilihan ganda berjumlah 20 pada materi Sistem Pencernaan Manusia. Metode Analisis melihat pengaruh menggunakan Uji Hipotesis dengan uji Paired Sampel t-test. Diperoleh hasil penelitian adanya nilai rata-rata pretest siswa sebesar 55,83 dan nilai rata-rata posttest menggunakan model Snowball Throwing yaitu sebesar 82,22. Hasil pengujian hipotesis dengan uji Paired Sampel t-test (α = 0,05) diperoleh thitung 9,542 dan ttabel 1,740 (9,542 > 1,740), maka Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa penggunaan model Snowball Throwing memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Immunology & microbiology

Description

Jurnal Bioed ini memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan Pendidikan Biologi (kurikulum, pembelajaran, laboratorium, dan lingkungan) atau telaah kritis dan penuangan ide-ide orisinal dalam ruang lingkup pendidikan Biologi. Bioed diterbitkan ...