Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2025): Februari-Mei 2025

Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Membentuk Karakter Religius dan Mandiri pada Siswa Kelas VIII di SMPN 3 Banjar

Irne Sri Krishe Purba (Unknown)
Sukadi, Sukadi (Unknown)
I Wayan Budiarta (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam membentuk karakter religius dan mandiri pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Banjar, apa saja hambatan dalam implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP Negeri 3 Banjar, dan hal-hal apa saja yang diperlukan dalam implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam membentuk karakter religius dan mandiri pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Banjar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 3 Banjar dijabarkan dalam beberapa bagian yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Hambatan dalam implementasi P5 di SMP Negeri 3 Banjar, yaitu manajemen waktu dan beberapa guru yang berhalangan hadir, dan kurangnya pemahaman siswa dalam penggunaan HP yang mereka bawa ke sekolah selama pelaksanaan P5. Hal-hal yang diperlukan dalam implementasi P5 di SMP Negeri 3 Banjar, yaitu alat dan bahan seperti slide materi, lembar asesmen diagnostik, video, bilik suara, kartu pemilihan. Selain itu diperlukan juga manajemen waktu (alokasi waktu), modul, dan evaluasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...