Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2025): Februari-Mei 2025

Sistem Pakar Pendekatan Psikologis Terhadap Kasus Bullying Menggunakan Metode Certainty Factor & Bayes Berbasis WEB

Rafisyah, Ichsan (Unknown)
M. Fakhriza (Unknown)
Fathiya Hasyifa Sibarani (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2025

Abstract

Perilaku bullying merupakan fenomena yang sering terjadi di lingkungan pendidikan dan dapat memberikan dampak negatif jangka panjang bagi korban maupun pelaku. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem pakar berbasis web dengan pendekatan psikologis dalam menangani kasus bullying, menggunakan metode Certainty Factor dan Bayes. Metode Certainty Factor digunakan untuk mengukur tingkat keyakinan dalam menentukan klasifikasi kasus bullying berdasarkan gejala yang diamati, sedangkan metode Bayes digunakan untuk menganalisis probabilitas suatu kejadian berdasarkan data yang tersedia. Studi ini dilakukan di SMP Al-Mukmin dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pakar yang dikembangkan mampu mengklasifikasikan jenis bullying menjadi lima kategori utama, yaitu bullying verbal, fisik, sosial, siber, dan emosional, serta memberikan solusi yang sesuai dengan pendekatan psikologis. Selain itu, perbandingan antara metode Certainty Factor dan Bayes menunjukkan bahwa salah satu metode memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi dalam menangani kasus bullying. Dengan adanya sistem ini, diharapkan pihak sekolah dan guru Bimbingan Konseling dapat lebih efektif dalam mendeteksi serta menangani kasus bullying secara dini, sehingga dapat mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...