Perilaku bullying merupakan fenomena yang sering terjadi di lingkungan pendidikan dan dapat memberikan dampak negatif jangka panjang bagi korban maupun pelaku. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem pakar berbasis web dengan pendekatan psikologis dalam menangani kasus bullying, menggunakan metode Certainty Factor dan Bayes. Metode Certainty Factor digunakan untuk mengukur tingkat keyakinan dalam menentukan klasifikasi kasus bullying berdasarkan gejala yang diamati, sedangkan metode Bayes digunakan untuk menganalisis probabilitas suatu kejadian berdasarkan data yang tersedia. Studi ini dilakukan di SMP Al-Mukmin dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pakar yang dikembangkan mampu mengklasifikasikan jenis bullying menjadi lima kategori utama, yaitu bullying verbal, fisik, sosial, siber, dan emosional, serta memberikan solusi yang sesuai dengan pendekatan psikologis. Selain itu, perbandingan antara metode Certainty Factor dan Bayes menunjukkan bahwa salah satu metode memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi dalam menangani kasus bullying. Dengan adanya sistem ini, diharapkan pihak sekolah dan guru Bimbingan Konseling dapat lebih efektif dalam mendeteksi serta menangani kasus bullying secara dini, sehingga dapat mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan.
Copyrights © 2025